TNT (Training New Trainer) & Regional Meeting Region 7 2019

Halo, CIMSA! Udah pada tahu belum kalau pada saat tanggal 1-3 Maret 2019 lalu, CIMSA regional 7, yang terdiri atas lokal CIMSA UNAIR, UWKS, UNEJ, dan UB mengadakan sebuah acara TNT region 7? Nah, di artikel ini kita mau sedikit menceritakan berbagai keseruan TNT region 7 2019. Yuk segera disimak!

TNT sendiri merupakan kepanjangan dari Training New Trainers. Seperti nama acaranya, TNT bertujuan untuk mencetak trainer bersertifikat CIMSA sehingga harapannya mampu membagikan ilmunya di lokal masing – masing. Setiap tahunnya, TNT region 7 diselenggarakan di berbagai lokal yang ada di regional 7, yakni UB di Malang, UNEJ di Jember, dan UNAIR-UWKS di Surabaya. Tahun 2019 yang berkesempatan menjadi tuan rumah TNT 7 adalah MSCIA UB di Malang, tepatnya di Villa Huis Van Gustafine.

Acara TNT berfokus untuk melatih trainee untuk menjadi seorang trainer yang baik, oleh karena itu diberikan berbagai training yang menunjang hal tersebut mulai dari training memahami audiens, membuat sebuah presentasi yang menarik, cara meningkatkan kepercayaan diri, dan lain – lain. Materi – materi tersebut disampaikan oleh trainer yang mumpuni dari berbagai lokal CIMSA regional 7 sehingga materi tersebut dapat dibawakan secara fun. Meskipun kegiatan training dilakukan hingga larut malam, rasanya tidak menjadi beban yang berarti karena atmosfer dari TNT region 7 2019 begitu hangat mulai dari sesama peserta trainee, trainer, maupun pihak panitia TNT.

Selain pemberian training, para trainee juga diberikan kesempatan langsung untuk membuat sebuah presentasi dan melakukan training dalam bentuk SWG (small working group) yang terdiri atas dua orang. Kesempatan ini diberikan agar trainee dapat secara langsung mengetahui bagaimana cara melakukan training, yang dimulai dari literature searching, pembuatan storyboard, melakukan training, dan membuat ice breaking. Berbagai persiapan yang dilakukan selama SWG dipresentasikan pada saat Final Presentation di hari terakhir kegiatan TNT. Pada saat itu, para trainee dinilai oleh trainer untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing – masing trainee agar dapat diperbaiki maupun ditingkatkan lagi potensi diri di masa yang akan datang.

Kegiatan TNT Regional 7 juga diadakan bersamaan dengan Regional Meeting lokal Region 7, yaitu kegiatan pemaparan apa saja yang sudah dan akan masing-masing lokal lakukan dan juga sharing pengalaman dan pendapat antar lokal, oleh karena itu banyak sekali delegasi – delegasi yang hadir dari masing – masing lokal di regional 7 yang tentunya menambah keseruan dari acara ini.

Nah, itu dia rangkuman singkat kegiatan TNT regional 7 2019, semoga dengan adanya kegiatan ini CIMSA dapat mencetak berbagai trainer handal yang mampu mengembangkan SDM di CIMSA. Selain itu, besar harapannya TNT regional 7 dapat menyatukan dan mengakrabkan CIMSA yang berada di regional 7 menjadi satu keluarga dan satu tujuan hati. Jangan lupa, BE ACTIVE WITH CIMSA!

CIMSA
Empowering Medical Students
Improving Nations Health

by: Shahifa Audy Rahima

Leave a Reply

Your email address will not be published.