NPEW (National Peer Education Workshop) 2019

Penyakit HIV AIDS adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus Human Immunodeficiency Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Infeksi tersebut menyebabkan penderita mengalami penurunan ketahanan tubuh sehingga sangat mudah untuk terinfeksi berbagai macam penyakit lain.Data Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menunjukkan jumlah kasus HIV AIDS sejak 2004 hingga April 2018 mencapai 3.786 kasus, dimana pada bulan April sendiri mencapai 260 kasus. Pada tahun 2018 hingga bulan April terdapat 288 pasien diantaranya meninggal dunia. Dari data tersebut didapatkan bahwa usia rata-rata yang mengalami kasus HIV AIDS antara umur 25-49 tahun. Ibu rumah tangga merupakan jenis pekerjaan dengan jumlah kasus terbanyak.

Dari latar belakang tersebut SCORA (Standing Committee On Sexual and Reproductive Health Inc HIV AIDS) mengadakan National Peer Education Workshop atau bisa disingkat NPEW adalah suatu kegiatan setiap 2 tahun yang dilaksanakan oleh SCORA CIMSA. Kegiatan ini diepruntukan anggota SCORA agar menjadi seorang pendidik sejawat untuk rekan – rekannya yang memiliki usia dan latar belakang relatif sama dengan cara memberikan materi tentang Pendidikan Seksual, STIs, HIV AIDS, Keluarga Berencana dan Maternal Health untuk member SCORA CIMSA. Seseorang akan lebih terbuka kepada kelompok sebaya sehingga akan sangat berpengaruh pada perilaku pada kehidupannya. Oleh karena itu peer education menggunakan konsep kekuatan teman sebaya dengan cara yang positif dan bertujuan untuk melatih serta meningkatkan pengetahuan, sikap, pandangan dan kemampuan anggota SCORA untuk menjadi peer educator yang baik sehingga mereka dapat berbagi pengetahuan dengan mudah kepada masyarakat, setelah delegasi-delegasi dari seluruh LOKAL CIMSA mengikuti NPEW para delegasi ini disebut PETRA (Peer Educator Trainer). Sebenarnya bukan Hanya diperuntukkan anggota SCORA CIMSA saja, namun seluruh SCO- CIMSA (SCOPH, SCORP, SCORE, SCOPE, SCOME) juga dapat mendaftar sebagai delegasi. Pada talun 2019 ini, NPEW kembali dan dilakasanakan di kota kesayangan kita yaitu kota Jember! Dengan tema “Strengthening The Role of Peer Education in society”.

NPEW diadakan pada tanggal 29-31 Maret 2019 yang berlokasi di hotel Meotel, Jember. NPEW dibuka oleh tarian tradisional Jember yaitu tari Lahbako. Nama tarian Lahbako ini berasal dari kata Lah dan Bako. Lah berarti mengolah dan bako berarti tembakau. Tarian ini merupakan tarian tradisional Jember yang menggambarkan proses penanaman dan pemanenan tembakau, mengingat kabupaten Jember adalah salah satu penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Setelah itu acara berlanjut dengan sambutan-sambutan, yang pertama yaitu sambutan dari dosen kami yaitu dr. Edy Junaedi, M.Sc, Sp.M lalu sambutan dari NORA (National Officer On Sexual and Reproductive Health Inc HIV AIDS) yaitu kak Khoriah Indri Hutami dari LOKAL UNPAD lalu sambutan oleh ketua BEM kak Anang Atmoko. Welcoming Party pun ditutup dengan games-games dan delegasi dapat beristirahat dari perjalanan panjang mereka.

Esoknya NPEW berlanjut dengan pemberian 5 training oleh kakak-kakak PETRA kepada delegasi, lalu dilanjutkan dengan roleplay disini panitia NPEW mengundang siswa-siswi SMP 3 Jember sebanyak 50 orang yang nantinya akan dibagi ke 10 kelompok untuk melakukan roleplay dengan para calon-calon PETRA. Tujuan mengadakan roleplay sendiri adalah simulasi bagaimana cara yang baik untuk memberikan edukasi utamanya mengenai HIV AIDS kepada masyarakat sekitar. Setelah itu diadakan Grand Lecture untuk semua delegasi. Seharian penuh para delegasi sudah menerima training dan materi-materi di Grand Lecture, setelah itu mereka bermain games yaitu SCORALYMPIC nah selain bermain games disini mereka juga bisa menjaga kekompakan mereka sebagai kelompok dan sebagai PETRA nantinya. NPEW ditutup dengan Farewell party dengan tema “Bollywood Night”, para delegasi beserta seluruh panitia NPEW diharuskan untuk memakai baju khas India. Satu-persatu kelompok pun maju untuk menampilkan hasil latihan mereka, mereka menampilkan yang terbaik walaupun waktu latihan hanya sebentar saja. Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, saatnya untuk mengesahkan delegasi-delegasi dari seluruh LOKAL CIMSA untuk menjadi PETRA, congrats!

Semoga semua ilmu yang dipelajari oleh PETRA yang baru dapat diberikan kepada masyarakat luas dengan harapan untuk menurunkan stigma negatif tentang HIV AIDS yang selama ini melekat di masyarakat. Sampai jumpa di lain waktu CIMSA!

#NPEWOW2019

SCORA
Standing Committee on Sexual & Reproductive Health Including HIV & AIDS

CIMSA
Empowering Medical Students
Improving Nation’s Health

Leave a Reply

Your email address will not be published.