SCOTENG (SCOPE Teaching English) – 14th September 2019

Pada era globalisasi dan MEA saat ini semakin memudahkan tenaga kerja asing masuk ke Indonesia untuk bekerja. Dengan demikian, masyarakat indonesia harus mengembangkan soft skills dan hard skills mereka agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. CIMSA UNEJ telah mengadakan assesment awal dengan melakukan wawancara terhadap 3 orang guru, kami dapatkan bahwa di SDN Karangrejo V belum ada mata pelajaran Bahasa Inggris. Dengan latar belakang tersebut SCOPE CIMSA UNEJ mengadakan aktivitas SCOTENG (SCOPE Teaching English) yang bertujuan untuk memberikan pelajaran bahasa inggris dasar ke siswa, meningkatkan pengetahuan dan daya saing siswa utamanya kelas 4,5, dan 6 SDN Karangrejo V. SCOPE CIMSA UNEJ  Melakukan edukasi dengan media poster, lagu, dan juga gambar-gambar interaktif serta melatih siswa untuk berani berbicara bahasa inggris dengan teman atau guru mereka, Sebelum mengadakan pembelajaran ke siswa SD terlebih dahulu membuat modul yang berisikan introduction, part of body, things in my classroom.

SCOTENG ini diadakan pada tanggal 14 September 2019. Diawali dengan materi introduction, pada materi yang pertama ini member SCOPE memberi edukasi kepada siswa kelas 4,5, dan 6 mengenai bagaimana cara memperkenalkan diri menggunakan Bahasa Inggris. Awalnya hanya terdapat 2 anak yang mampu memperkenalkan dirinya di dean kelas menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan lancar, namun setelah diberikan edukasi siswa yang lain juga dapat memperkenalkan dirinya dengan baik. Setelah materi pertama SCOPE CIMSA UNEJ mengadakan games berupa lagu, di games ini member SCOPE bersama-sama dengan siswa SD menyanyikan lagu “ABC Alphabet Song” dan siswa secara berurutan menyebutkan alphabetnya lalu secara tiba-tiba pemateri akan memberhetikan Lagunya dan siswa yang terakhir menyebutkan alphabet tersebut, maju ke depan kelas dan melakukan perkenalan diri berbahasa Inggris setelah maju kedepan kelas kami memberikan hadiah kepada siswa sebagai apresiasi terhadap keberaniannya untuk maju ke depan kelas dan memperkanalkan diri.

Materi selanjutnya yaitu parts of body dimana di materi ini member SCOPE akan menyebutkan beberapa bagian tubuh dengan menyentuh bagian tubuh yang disebutkan, lalu kami bermain games “Simon Says” jadi dari pemateri akan meyebutkan bagian yang harusnya disentuh tapi dari pemateri akan menyentuh bagian tubby yang lain kemudian untuk siswa tidak menyentuh bagian tubuh yang salah akan maju ke depan kelas untuk memperagakan bersama-sama parts of body yang sudah disebutkan. Materi yang terakhir yaitu things in my classroom pada materi ini member SCOPE akan mengajarkan kosakata Bahasa Inggris mengenai barang-barang yang ada di kelas seperti meja, papan tulis, kursi, kapur. SCOTENG dilanjutkan dengan kegiatan di luar kelas yaitu untuk mencari bagian-bagian tubuh dari nobita yang sudah di sebar di depan kelas. Jadi siswa-siswi akan dibagi ke dalam 4 kelompok, masing masing kelompok harus melengkapi tubuh nobita beserta nama bagian tubuhnya yang berbahasa inggris. Kami berharap dengan diadakannya aktivitas ini siswa kelas 4,5, dan 6 SDN Karangrejo V memiliki pengetahuan bahasa inggris dasar dan juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, terima kasih CIMSA!

SCOPE
Standing Committee on Professional Exchange

CIMSA
Empowering Medical Students
Improving Nation’s Health

By: Mirza Wafiyudin Baehaqi