WHO SIMULATION 2019 – “The Rise of Anti-vax Movement” – November 30th, 2019

WHO SIMULATION merupakan salah satu aktivitas dari SCOPE CIMSA UNEJ yang kembali diadakan pada tanggal 30 November 2019 di Fakultas Kedokteran Universitas Jember. WHO SIMULATION Tahun ini mengangkat topik  “The Rise of Anti-vax Movement”.Di aktivitas ini peserta WHO SIMULATION tidak hanya dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran khususnya member SCOPE CIMSA UNEJ saja namun kami juga mengundang mahasiswa dari Fakultas lain di Universitas Jember, kami juga bekerja sama dengan HIMAHI MUN CLUB UNEJ mereka semua sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mahasiswa yang hadir di kegiatan ini akan dibagi menjadi beberapa negara, 1 negara terdiri dari 2 mahasiswa. Negara- negara ini memiliki wewenang untuk mengangkat topik tentang anti-vax di negara mereka, seperti negara Spanyol, Amerika, Arab Saudi dan masih banyak lagi.

Project ini dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dimulai dengan registrasi tepat di pukul 07.00 WIB-08.00 WIB. Event ini dibuka Oleh Project Officer WHO SIMULATION yaitu Wahyu Ikhsan. Setelah itu host membaca Curriculum Vitae dari chair person dan co chair person. Dilanjutkan dengan co chair dan chair person mengambil tempat dan Event ini dimulai.

Kegiatan dimulai dengan membaca nama masing-masing negara yang disebut roll call. Kemudian sesi pertama Daftar Pembicara Umum dimulai, sesi ini dilakukan untuk menyampaikan topik yang akan dibahas. Setiap negara yang ingin menyampaikan pendapat pada daftar pertama, dan negara yang berbicara terakhir. Kemudian sesi berikutnya adalah kaukus moderat, kaukus moderat adalah bagian dari daftar pembicara umum termasuk kaukus yang tidak dimoderasi.

Kapan kaukus yang tidak dimoderasi dilakukan? Itu tergantung pada geraknya. Sebagai contoh, suatu negara mengekspresikan mosi, “mosi untuk memulai kaukus moderat selama 15 menit”, orang yang menentukan adalah negara mereka sendiri, kemudian ketua dan kursi orang yang menentukan kaukus yang tidak dimoderasi. Kaukus yang dimoderasi adalah sesi di mana dimungkinkan untuk mengekspresikan pendapat, tentang apa? Setelah daftar pembicara umum selesai, dan kemudian ada gerakan, dari co dan ketua orang. Topik apa yang akan dibahas? Setelah masing-masing negara mengajukan pendapat, dari pendapat itu, maka akan ada pemungutan suara dan kemudian dimoderasi kaukus dimulai. Misalnya dari 5 topik, suara terbanyak adalah pada topik ketiga, yang berarti bahwa kaukus moderat yang dibahas adalah topik ketiga selama 15 menit.

Setelah menyelesaikan aktivitas kaukus moderat / kaukus moderat, kemudian dilanjutkan dengan istirahat selama setengah jam. Kegiatan selanjutnya adalah pengajuan kertas kerja, itu adalah rancangan (RUU) untuk masalah-masalah dari apa yang dibahas dalam causus moderat dan dalam kaukus yang tidak dimoderasi. Dalam kaukus yang tidak dimoderasi, semua negara akan membuat aliansi, sehingga jumlah pengiriman kertas kerja sebanding dengan aliansi. Dalam acara ini ada 2 kelompok, masing-masing kelompok akan mempresentasikan topik. Setelah program dipresentasikan dan program akan dipilih. Program yang paling banyak dipilih, adalah program yang akan dilaksanakan.

SCOPE
Standing Committee on Professional Exchange

CIMSA
Empowering Medical Students
Improving Nation’s Health

by : Mirza Wafiyudin Baehaqi