CIMSALABIM (CIMSA UNEJ dan Masyarakat Lawan Bersama Diabetes Mellitus) – December 14th – 15th, 2019

Hari Diabetes Sedunia atau yang kita kenal dengan World Diabetes Day (WDD) 2019, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 14 November untuk memperingati WDD SCOPH CIMSA UNEJ menyelenggarakan CIMSALABIM. Apa itu CIMSALABIM? CIMSALABIM merupakan singkatan dari CIMSA UNEJ dan Masyarakat Lawan Bersama Diabetes Mellitus yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 14-15 Desember 2019. CIMSALABIM ini terdiri dari dua kegiatan yaitu, hari pertama diadakan pengecekan gula darah serta pemberian edukasi tentang Diabetes Mellitus di  Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat dan hari kedua sebagai selebrasi peringatan hari diabetes itu diadakan di Creanova Lapangan Universitas Jember..

CIMSALABIM ini diadakan dengan tujuan untuk merayakan peringatan World Diabetes Day, selain itu karena prevalensi jumlah orang sakit Diabetes Mellitus begitu tinggi. Diabetes ini dapat menyerang siapa saja termasuk remaja sekalipun. Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah Diabetes terbanyak dan menduduki peringkat keenam sedunia. Maka dari itu, harus ada suatu gerakan yang dapat menyampaikan kepada masyarakat luas betapa pentingnya pencegahan daripada mengobati diabetes itu.

Pada hari pertama hari Sabtu, 14 Desember 2019 kami melakukan pengecekan gula darah serta pemberian edukasi. Dalam memberikan edukasi ini kami juga mengundang dr. Irawan Fajar Kesuma, Sp.PD untuk pemberian edukasi kepada masyarakat di wilayah desa Sukoreno mengenai Diabetes Mellitus. SCOPH CIMSA UNEJ juga mengadakan pengecekan gula darah gratis di desa tersebut. Dengan mengadakan aktivitas ini kami harap dapat meningkatkan awareness dari masyarakat setempat mengenai Diabetes Mellitus.

Pada hari kedua yaitu hari Minggu, 15 Desember 2019 merupakan puncak dari CIMSALABIM itu sendiri, sebagai hari selebrasi peringatan World Diabetes Day. Kegiatan ini dilaksanakan di acara Kreanova Lapangan Universitas Jember. Sesuai dengan tema yang kita dapat yaitu Family and Diabetes, sasaran kita yaitu masyarakat Jember, terutama yang hadir di acara Kreanova tersebut. Acara ini diawali dengan diadakannya senam, kita melakukan senam bersama masyarakat yang ada di Kreanova. Setelah itu kita melakukan edukasi kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di sekitar lapangan mengenai Diabetes Mellitus dan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) oleh member CIMSA. Sistem yang kami gunakan yaitu dengan memberikan pretest sebelum edukasi dan post test setelah edukasi. Dengan sistem yang seperti ini, kita dapat mengetahui sejauh mana masyarakat itu tahu dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan Diabetes Mellitus dan juga GERMAS.

Selain senam dan edukasi, kami juga menyediakan beberapa stand pemeriksaan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan tensi darah dan pemeriksaan glukosa darah secara gratis. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini masyarakat dapat mengetahui bagaimana kadar gula darahnya saat ini, jadi masyarakat dapat mengantisipasi adanya diabetes kalau memang kadar gulanya tinggi. Terima Kasih CIMSA!

SCOPH
Standing Committee on Public Health

CIMSA
Empowering Medical Students
Improving Nation’s Health

by : Mirza Wafiyudin Baehaqi